Struktur Kurikulum

PROGRAM KURIKULUM

Kurikulum adalah seperangkat rencana, pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi Tujuan Pendidikan Nasioanal serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik.

Pengembangan Kurikulum SMP Negeri 8 Bandung yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Tiga dari delapan standar nasional pendidikan tersebut yaitu standar isi, Standar proses dan standar kompetensi lulusan merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.

SMP negeri 8 Bandung sebagai lembaga pendidikan dalam menyelenggarakan sistem pendidikan nasional adalah  pendidikan yang diselenggarakan sebagai proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik  dengan ciri khas tersendiri. Proses pembelajaran  berlangsung sepanjang hayat, di mana dalam proses tersebut harus ada pendidik dari sekolah Induk dan Guru pamong yang memberikan keteladanan dan mampu membangun kemauan, serta mengembangkan potensi dan kreativitas peserta didik dengan kemampuan yang ada.  Prinsip tersebut menyebabkan adanya pergeseran paradigma proses pendidikan, dari paradigma pengajaran ke paradigma pembelajaran.